Mesin Kapal Perikanan
1.
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Ukuran
kapal dan kekuatan mesin kapal perikanan menjadi salah satu indikator yang
menentukan kapasitas penangkapan ikan (fishing
capacity). Pengelola perikanan saat ini, mengambil cara termudah dengan
menggunakan kedua indikator tersebut karena ini sangat mempengaruhi kemampuan
kapal perikanan dalam menangkap ikan. Bahkan di Indonesia menghitung kapasitas
penangkapan ikan lebih fokus pada ukuran kapal perikanan dengan satuan grosstonnage (GT) dan jumlah tangkapan
ikan yang diperbolehkan (JTB).
Mesin
kapal perikanan juga memiliki arti penting dalam unsur pengawasan perikanan.
Identitas kapal perikanan dapat diverifikasi melalui nomor mesin induk kapal.
Setiap kapal perikanan bermotor memiliki nomor mesin yang unik. Oleh karena
itu, nomor mesin kapal perikanan menjadi objek pemeriksaan kapal perikanan dan
pengawasan.
Selain
itu, secara sosial ekonomi, kapal perikanan bermotor tidak dapat dikategorikan
nelayan kecil karena sudah menjadi sumber penghasilan utama. Kekuatan mesin
kapal perikanan juga berkorelasi dengan konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu,
efisiensi biaya penangkapan ikan dipengaruhi oleh kesesuaian kekuatan mesin
dengan ukuran kapal dan alat penangkapan ikan yang digunakan baik bersifat
statis, pasif, atau aktif.
1.2.
Tujuan Pemeriksaan Mesin Kapal Perikanan
Kegiatan pemeriksaan ini
bertujuan untuk memverifikasi kesesuaian antara identitas kapal perikanan dalam
dokumen dengan fisik kapal perikanan yang sesungguhnya.
1.3.
Lokasi dan Waktu Kegiatan
Kegiatan pemeriksaan mesin kapal di Pelabuhan
Perikanan Nizam Zachman (Jakarta), Muara Angke, Probolinggo,
dan Benoa (Bali) pada bulan Januari s.d Desember 2018.
2.
METODE dan ALAT
2.1.
Cara Pemeriksaan Mesin Kapal Perikanan
1) Menjalankan
surat perintah tugas (SPT) tentang Pemeriksaan Kapal Perikanan dan Alat
Penangkapan Ikan;
2) Mengidentifikasi
spesifikasi merk mesin;
3) Mencari
posisi tipe dan nomor mesin;
4) Menggosok
nomor mesin;
2.2.
Peralatan
Pelaksanaan kegiatan pemeriksaan ini menggunakan:
1) Lakban
kertas;
2) pensil;
3) kertas.
3.
HASIL KEGIATAN PEMERIKSAAN
MESIN KAPAL PERIKANAN
Kegiatan pemeriksaan mesin
kapal perikanan dilaporkan sesuai dengan format laporan pada lampiran 33
halaman 143 Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Perikanan sebagai
berikut:
No.
|
Nama Kapal
|
GT
|
LoA
|
Bahan Kapal
|
Jenis API
|
Merk
|
Tipe
|
Kekuatan PK
|
Nomor
|
Kapasitas
Palkah (M3)
|
Waktu/tempat
|
Keterangan
|
1.
|
124
|
31,29
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RF.10
|
420
|
152891
|
109,99
|
Muara Baru/3 Maret 2018
|
sesuai
|
|
2.
|
58
|
25,82
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Hino
|
EK 100
|
220
|
302184
|
73
|
Muara Baru/3 Maret 2018
|
sesuai
|
|
3.
|
59
|
25,71
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Hino
|
EK 100
|
220
|
303756
|
66
|
Muara Baru/3 Maret 2018
|
sesuai
|
|
4.
|
98
|
30,00
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
360
|
024340
|
150,29
|
Muara Baru/ 22 April 2018
|
sesuai
|
|
5.
|
169
|
33,20
|
Kayu
|
Pengangkut Ikan
|
Nissan
|
RF 10
|
420
|
154278
|
418,62
|
Muara Baru/ 22 April 2018
|
sesuai
|
|
6.
|
100
|
30,02
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Mitsubishi
|
-
|
600
|
33200
|
187,39
|
Benoa/12 Mei 2018
|
sesuai
|
|
7.
|
58
|
27,24
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Mitsubishi
|
8DC11
|
300
|
364232
|
75
|
Muara Baru/ 22 April 2018
|
sesuai
|
|
8.
|
143
|
30,42
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
025491
|
169,91
|
Benoa/12 Mei 2018
|
sesuai
|
|
9.
|
72
|
23,14
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
104473
|
77,25
|
Muara Angke/2 Juni 2018
|
sesuai
|
|
10.
|
98
|
31,05
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
350
|
003314
|
141,62
|
Benoa/12 Mei 2018
|
sesuai
|
|
11.
|
60
|
23,33
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 8
|
315
|
301279
|
110,4
|
Benoa/12 Mei 2018
|
sesuai
|
|
12.
|
140
|
31,87
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
103794
|
170,01
|
Muara Baru/ 22 April 2018
|
sesuai
|
|
No.
|
Nama Kapal
|
GT
|
LoA
|
Bahan Kapal
|
Jenis API
|
Merk
|
Tipe
|
Kekuatan PK
|
Nomor
|
Kapasitas
Palkah (M3)
|
Waktu/tempat
|
Keterangan
|
13.
|
44
|
21,43
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Nissan
|
RF 8
|
325
|
127310
|
63,48
|
Muara Angke/ 2 Juni 2018
|
sesuai
|
|
14.
|
69
|
22,44
|
Kayu
|
Purseseine Pelagis Kecil
|
Mitsubishi
|
8 DC
|
210
|
300568
|
136,69
|
Muara Angke/ 2 Juni 2018
|
sesuai
|
|
15.
|
194
|
32,63
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Nissan
|
RF 10
|
380
|
150197
|
203,66
|
Benoa/12 Mei 2018
|
sesuai
|
|
16.
|
138
|
32,14
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Mitsubishi
|
S6A2
|
350
|
22491
|
197,58
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
17.
|
178
|
32,90
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Nissan
|
RF 10
|
420
|
155367
|
226,36
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
18.
|
171
|
34,02
|
Kayu
|
Purseseine Pelagis Besar
|
Mitsubishi
|
10 DC 11
|
400
|
410647
|
325,29
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
19.
|
168
|
31,12
|
Kayu
|
Purseseine Pelagis Besar
|
Nissan
|
RF 10
|
420
|
155055
|
231,01
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
20.
|
87
|
26,75
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Hino
|
EK 100
|
240
|
133482
|
136,12
|
Mayangan/5 Agustus 2018
|
sesuai
|
|
21.
|
83
|
25,90
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Hino
|
EK 100
|
180
|
136468
|
137,84
|
Mayangan/5 Agustus 2018
|
sesuai
|
|
22.
|
79
|
26,40
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RD 8
|
280
|
055966
|
47,04
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
23.
|
60
|
25,15
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Nissan
|
RD 8
|
260
|
110344
|
102,88
|
Muara Angke/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
24.
|
76
|
24,75
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Hino
|
EK 100
|
90
|
44252
|
72,89
|
Mayangan/5 Agustus 2018
|
sesuai
|
|
25.
|
83
|
29,91
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Nissan
|
RF 8
|
180
|
123854
|
103,10
|
Muara Angke/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
26.
|
143
|
31,70
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
XMH MARINIZED
|
S6A3
|
490
|
37431
|
163,97
|
Mayangan/5 Agustus 2018
|
sesuai
|
|
27.
|
146
|
33,86
|
Kayu
|
Purseseine Pelagis Besar
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
020525
|
221,81
|
Muara Baru/21 Juli 2018
|
sesuai
|
|
No.
|
Nama Kapal
|
GT
|
LoA
|
Bahan Kapal
|
Jenis API
|
Merk
|
Tipe
|
Kekuatan PK
|
Nomor
|
Kapasitas
Palkah (M3)
|
Waktu/tempat
|
Keterangan
|
28.
|
48
|
21,86
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Hino
|
EK 100
|
300
|
303436
|
59,03
|
Muara Baru/26 September 2018
|
sesuai
|
|
29.
|
76
|
24,80
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Nissan
|
RD 8
|
350
|
145541
|
99,92
|
Muara Angke/26 September 2018
|
sesuai
|
|
30.
|
69
|
26,07
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
020280
|
76,39
|
Muara Baru/26 September 2018
|
sesuai
|
|
31.
|
36
|
19,70
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Mitsubishi
|
6D14
|
120
|
25406
|
26,01
|
Muara Baru/31 Oktober 2018
|
sesuai
|
|
32.
|
58
|
24,92
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Mitsubishi
|
8DC10
|
300
|
282394
|
87,75
|
Muara Baru/31 Oktober 2018
|
sesuai
|
|
33.
|
73
|
23,80
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Mitsubishi
|
8DC9
|
280
|
324542
|
87,5
|
Muara Baru/31 Oktober 2018
|
sesuai
|
|
34.
|
54
|
23,10
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Mitsubishi
|
6D22
|
220
|
93008382
|
99,3
|
Karangsong/19 Nopember 2018
|
sesuai
|
|
35.
|
60
|
25,41
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Nissan
|
RD 8
|
280
|
094331
|
110
|
Kejawanan/19 Nopember 2018
|
sesuai
|
|
36.
|
48
|
22,67
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Hyundai
|
D 6 BJR
|
200
|
123263
|
88,29
|
Karangsong/19 Nopember 2018
|
sesuai
|
|
37.
|
78
|
27,22
|
Kayu
|
Gillnet Oseanik
|
Hino
|
EF 750
|
330
|
329461
|
98,35
|
Karangsong/19 Nopember 2018
|
sesuai
|
|
38.
|
60
|
24,40
|
Kayu
|
Bouke Ami
|
Hino
|
EK 100
|
180
|
97843
|
95,40
|
Muara Baru/31 Oktober 2018
|
sesuai
|
|
39.
|
55
|
23,00
|
Kayu
|
Cast Nets
|
Hino
|
EK 100
|
250
|
960690
|
87,45
|
Baru/31 Oktober 2018
|
sesuai
|
|
40
|
38
|
21,64
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Mitsubishi
|
6D24
|
310
|
266497
|
33,96
|
Benoa/13 Desember 2018
|
sesuai
|
|
41
|
133
|
31,89
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
01735
|
160,54
|
Benoa/13 Desember 2018
|
sesuai
|
|
42
|
56
|
23,22
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Cummins
|
NTA 855 M
|
350
|
32125763
|
48,11
|
Benoa/13 Desember 2018
|
sesuai
|
|
43
|
117
|
30,71
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
002856
|
107,2
|
Benoa/13 Desember 2018
|
sesuai
|
|
44
|
57
|
23,8
|
Kayu
|
Squid Jigging
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
151191
|
50,94
|
Benoa/13 Desember 2018
|
sesuai
|
|
45
|
86
|
28,65
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Nissan
|
RE 10
|
370
|
150786
|
101
|
Benoa/14 Desember 2018
|
sesuai
|
|
46
|
50
|
22,3
|
Kayu
|
Rawai Tuna
|
Nissan
|
RE 8
|
280
|
014597
|
72,42
|
Benoa/14 Desember 2018
|
sesuai
|
4.
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1. Kesimpulan
a. Mesin Nissan dengan tipe RE 10 370 PK banyak digunakan
kapal perikanan pancing cumi sebagai mesin induk.
b. Secara fisik merk, tipe, dan nomor mesin sesuai dengan
yang tertulis dalam dokumen pas besar dan SIPI lama.
d. Hanya dua kapal yang menggunakan mesin induk MARINIZED yaitu XMH dan Cummins.
4.2. Saran
a. Perlu dikaji lebih lanjut tentang keunggulan dari
mesin Nissan.
b. Perlu lebih teliti lagi dalam membaca pas besar
terutama kesesuaian tipe dengan merk mesin.
d. Pemilik kapal sebaiknya menggunakan marinized engine karena ramah lingkungan
memenuhi standar emisi global dan telah disertifikasi IMO.
Comments
Post a Comment